Pages

navigasi horizontal

Sabtu, 16 Februari 2013

Servis Maut Schlager (Tenis Meja)


SERVIS panjang adalah tehnik servis yang mutlak dikuasai secara mahir oleh setiap juara. Pemain berkelas juara dunia, harus menguasai tehnik yang mahir dan berani melakukan servis tersebut pada setiap event pertandingan. Saat melakukan servis, gerakan dan kecepatan adalah hal yang harus benar-benar dimanfaatkan. Baik saat melakukan servis panjang atau pendek, setiap pergerakan harus diupayakan serupa. Hal ini kegunaannya adalah untuk meningkatkan kwalitas servis dan memberi shock terapi pada lawan.

Schlager adalah juara yang sangat piawai melakukan servis putar (kanan/kiri) yang berubah-ubah, bahkan berlawanan arahnya. Schlager melakukannya dengan cara baik putaran maupun garis jatuh pada meja lawan yang berubah-ubah. Tetapi sewaktu gerakan tangannya hampir mirip/sama, lawan hampir tidak mampu untuk mendeteksi bola yang datang itu. Dengan demikian dia telah memberikan shock terapi yang hebat pada lawan.

Melakukan servis bola panjang dan pendek dengan pola berlawanan arah pada batnya :
Mengayun dengan cara yang sama, tetapi melakukan servis bola panjang dan pendek yang berbeda.
Klimaksnya
  1. Telunjuk pada waktu servis pendek,
  2. Sewaktu hendak melakukan servis ke arah panjang, posisi telunjuk ada perubahan sebagai berikut. Dengan cara inilah dia melakukan sedikit perubahan pegangan bat sewaktu servis.
Hanya dengan perubahan letak jari telunjuk pada batnya, ia bisa melakukan servis ke lawan dengan dua sisi yakni panjang dan pendek:
Dengan perbandingan gambar A & B, bisa terlihat bahwa Schlager pada waktu servis, ada perubahan pada jari telunjuknya. Pada gambar B, telunjuknya agak tegak sebagaimana pada gambar 3. Dengan demikian, dapat lebih menguasai bat, sehingga dapat secara maksimal untuk mengeluarkan tenaga untuk servis bola panjang.
alt
alt
Tetapi pada gambar A, sewaktu ingin memperbesar tenaga pergelangan tangan untuk menggesek bola, jari telunjuk sedikit dilipat ke dalam untuk memberi peluang tenaga gesekan. Dengan demikian sebagaimana pada gambar 3 lebih dapat memaksimalkan tenaga pergelangan tangan agar lebih mudah untuk menggesek bola sewaktu servis.
Dengan gaya yang sama, pihak lawan memang dapat memprediksi perputaran bola yang datang. Tetapi telunjuk yang tersembunyi di belakang bat, pihak lawan tidak dapat memprediksi tenaga yang disalurkan pada servis tersebut. Dengan tehnik inilah Schlager mahir sekali memperdaya tehnik prediksi lawan, yang membingungkan untuk dianalisis bolanya panjang atau pendek, ke kiri atau ke kanan, isi atau kosong.

0 komentar:

Posting Komentar